Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Gunung Kelud Meletus



Liputan6.com, Yogyakarta : Meletusnya Gunung Kelud berdampak terjadinya hujan abu di beberapa wilayah. Termasuk, DI Yogyakarta. Namun, warga Yogyakarta kesulitan mencari masker untuk beraktifitas di luar rumah.
Salah satu warga Ambar Ketawang, Sleman, Andi, mengatakan sejak pukul 6.00 dirinya kesulitan mencari masker. Sudah beberapa apotek dikunjungi namun habis terjual. Ia berencana akan menggunakan kain ketika berkendara nanti.
"Sudah muter-muter nyari tapi habis semua. Gimana ya pake kain aja. Mau bagaimana lagi," kata Andi kepada Liputan6.com Jumat (14/02/2014).
Ia berharap agar pemerintah menyediakan masker gratis karena banyak yang membutuhkan saat ini. "Ya harusnya pemerintah sediakan ya. Ini kan termasuk kejadian alam yang mempengaruhi aktifitas warga. Kayak Merapi dulu aja ada kok", katanya.
Riska, warga Wates, juga mengeluhkan hal yang sama. Ia berharap ada pembagian masker gratis bagi warga. "Ya, seharusnya ada bagi-bagi gratis ya kayak Merapi dulu," kata Riska.
Sementara petugas apotek di kawasan Gamping, Ayu, mengatakan sebelum pukul 6 pagi masker di tempat sudah habis terjual. Di tempatnya tersedia 6 box habis terjual.
"Biasanya ada 6-8 box, Mas, tapi ini langsung habis. Kita order lagi ke pusat untuk dikirim. Mungkin sore sampai," katanya. (Yus)

Opini:
                Pertama-tama saya ingin ikut berduka atas meletusnya gunung Kelud, terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar gunung Kelud, mereka harus mengungsi, meninggalkan harta bendanya.
                Pemerintah ikut berduka tetapi mereka tidak dengan segera mengirim bantuan bagi para korban dan pengungsi. Seperti yang diliput pada setiap acara berita maupun media berita lainnya, para pengungsi sulit untuk mendapatkan bantuan darurat, mereka harus menunggu beberapa hari untuk kebutuhan darurat mereka datang. Apa lagi banyak warga yang membawa anak kecil, mereka membutuhkan susu dan popok untuk anak-anak mereka. Di lain sisi, warga yang tinggal tidak di sekitar gunung Kelud juga mengalami kesulitan, mereka sulit mendapatkan masker untuk melindungi mereka dari abu yang tebal. Seharusnya ketika pemerintah mengetahui bahwa gunung Kelud meletus, mereka langsung mengirim bantuan, baik ke posko-posko pengungsian maupun bagi warga yang ikut terkena dampak meletusnya gunung Kelud. Bahkan banyak sukarelawan yang membagikan masker gratis, tapi itu juga hanya di beberapa daerah saja. Banyak daerah-daerah lain yang masih kesusahan dalam mencari masker.
Saya hanya berharap, jika pemerintah mendengar kabar bencana alam di Indonesia, pemerintah dapat mengirimkan bantuan dengan segera. Sehingga pemerintah tetap menjaga keamanan dan kenyamanan warga Indonesia. Terima kasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS